Cek malware pada Windows 8.1

24 Nov

Seperti halnya di Android jika kita memasang app, game dan sebagainya dari sumber yang tidak terpercaya akan muncul peringatan keamanan, Nah begitu pula di Windows 8.1 yang saya pakai sekarang ada setting seperti itu yang namanya Smart Screen. Anda bisa menemukannya di Action Center pada control panel windows

Action center Smart screen Win8[Control Panel\All Control Panel Items\Action Center]

Klik Change Windows SmartScreen settings

Smart screen Win8

Sesuai judul pada tulisan ini Cek malware pada Windows 8.1 maka akan saya tulis pengalaman beberapa hari terakhir komputer terkena trojan dari situs yang memasang script malware ini.

kena virus

Inilah cara penyeludupan ‘kuda Troya’ atau ‘Trojan’ (Penyelubungan juga dapat membantu pemasangan perangkat perusak. )
Bila perangkat lunak berniat jahat menyamar sebagai sesuatu yang diinginkan dan tidak berbahaya, pengguna dapat dicobai untuk memasangnya tanpa mengetahui apa yang dilakukannya.
Secara umum, kuda Troya adalah perangkat lunak yang mengundang pengguna untuk menjalankannya, dan menyembunyikan muatan yang merusak atau berniat jahat.
Muatan dapat memengaruhi sistem secara langsung dan dapat mengakibatkan banyak efek yang tidak dikehendaki, misalnya menghapus berkas-berkas pengguna atau memasang perangkat lunak yang tidak dikehendaki atau jahat secara berlanjut.
Kuda Troya yang dikenal sebagai virus penetes (dropper) digunakan untuk memulai wabah cacing komputer, dengan memasukkan cacing ke dalam jejaring setempat pengguna (users’ local networks).

Satu cara penyebaran perangkat pengintai yang paling umum adalah sebagai kuda Troya, dibungkus dengan perangkat lunak yang diinginkan, diunduh oleh pengguna dari Internet.
Jika pengguna memasang perangkat lunak ini, perangkat pengintai juga akan dipasang secara siluman. Penulis perangkat pengintai yang berusaha bertindak seperti cara yang sah mungkin memasukkan perjanjian hak izin pengguna akhir (end-user license agreement) (EULA) yang menyatakan tingkah laku perangkat pengintai dalam istilah yang longgar, biasanya tidak dibaca atau dipahami oleh pengguna.

Cek malware pada Windows 8.1

Sesudah perangkat lunak berniat jahat terpasang pada suatu sistem, perangkat tersebut harus tetap tersembunyi untuk menghindari pelacakan dan pembasmian. Cara ini sama apabila penyerang manusia memecah masuk ke dalam komputer secara langsung. Teknik yang dikenal sebagai Rootkit memperbolehkan penyelubungan ini.
Caranya, mengubah sistem operasi induk (host operating system) supaya perangkat perusak selalu tersembunyi dari pengguna. Kit-akar /Rootkit dapat mencegah proses berbahaya untuk tidak terlihat dalam daftar proses sistem, atau menyimpan berkas-berkas untuk tidak bisa dibaca. Pada awalnya, kit-akar dipasang oleh penyerang manusia pada sistem Unix di mana penyerang telah mendapatkan akses pengurus administrator (root) access. Saat ini, istilah ini biasanya digunakan bagi langkah utama penyelubungan dalam perangkat lunak berniat jahat.
[id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_perusak]

 

Gunakan Windows Defender

Screenshot_5Salah satu malware dari situs yang kita kunjungi di internet bisa mengakibatkan komputer terinfeksi oleh Browser Modifier seperti contoh di bawah ini yang saya scan dengan menggunakan Windows Defender.windows defender browser modifier cleaned

Setelah berhasil dibersihkan oleh Windows Defender saya coba scan dengan menggunakan Microsoft® Windows® Malicious Software Removal Tool yang bisa didownload disini

Dan hasilnya seperti screenshot di bawah ini

Cek malware pada Windows 8.1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: